Review Blog: Mustafalan.com, Doa Niat dan Cara Sholat

Doa adalah menghendaki kepada Allah SWT, berdoa merupakan langkah hamba Allah menghendaki kepada Rabb yaitu Allah SWT. Bisa dibilang bahwa ibadah yang paling ringan bagi setiap hamba yaitu doa, sebab tidak terikat oleh waktu, area dan kondisi, berdoa sanggup dilakukan di mana saja dan kapan saja.

mustafalan.com

Setiap dapat meakukan aktifitas apapaun direkomendasi untuk berdoa kepada Allah Swt. Hal ini agar semua aktifitasnya berjalan lancar sebab tersedia ridho Allah Swt. Dalam berdoa tentu saja tersedia tata langkah berdoa agar dikabulkan Allah yang perlu diketahui oleh setiap orang. Dengan mengikuti adab tata langkah berdoa maka dapat lebih dekat bersama Allah Swt dan menghendaki doa-nya dikabulkan oleh Allah Swt.

Sebagaimana Allamah As-Sa’di berkata : “Hal yang patut diperhatikan oleh seseorang di dalam berdoa agar diberi apa yang di idamkan dan dihindarkan dari keburukan ialah tujuan dan motivasinya adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu-wa-Ta’ala dan beribadah kepada-Nya.”

Baca : Doa sebelum dan sesudah minum obat

Tata-Cara-Berdoa

1. Mengetahui Adab Dalam Berdoa
Adab dan tata langkah berdoa menurut islam adalah hal yang tidak terpisahkan satu mirip lain, bersama mengerti adab-adab di dalam berdoa dapat membawa dampak siapapun yang berdoa jadi lebih khusyu dan terarah.

2. Khusyu, tunduk dan penuh rasa takut

Sebagaimana firman Allah SWT : “Sungguh, mereka selalu bersegera di dalam mengerjakan kebaikan dan mereka berdoa kepada Kami bersama penuh harap dan cemas. Dan mereka orang-orang yang khusyu kepada Kami”, (Surat Al-Anbiyaa : 90)

3. Berdoa kala di dalam keadaan lapang maupun di dalam keadaan sempit

Sebagaimana Rasulullah Shollallahu ‘alayhi wasallam bersabda : “Barangsiapa yang doanya dambakan dikabulkan oleh Allah kala kesulitan, hendaklah memperbanyak doa kala lapang dan senang” (HR. Tirmidzi).

4. Menghadap kiblat

Dengan menghadap kiblat kala menengadahkan tangan merupakan tidak benar satu adab di dalam berdoa dan tata langkah berdoa agar cepat terkabul, sebagaimana Rasulullah Shollallahu ‘alayhi wasallam bersabda di dalam riwayat Abu Dawud : “Sesungguhnya Tuhanmu Maha Hidup kembali Maha Pemurah. Ia malu jikalau seseorang hamba menengadahkan tangannya tetapi ia tidak dikabulkan.”

5. Menengadahkan Tangan

Adab dan tata langkah berdoa kepada Allah berikut adalah sebagaimana Rasulullah Shollallahu ‘alayhi wasallam sabdakan di dalam haditsnya : “Meminta itu, engkau mengangkat ke dua tangan sejajar bersama bahu layaknya itu, istighfar ialah bersama berisyarat bersama satu jari, namun ibtihal (mengadu) yaitu bersama menjulurkan (membuka) semua tanganmu.” (HR. Abu Dawud)

Dari hadits Rasulullah Shollallahu ‘alayhi wasallam sanggup disimpulkan bahwa : Ketika meminta, tengadahkan ke dua tangan setara bersama bahu. Dalam istighfar, menunjuk bersama jari. Cara ini tertentu kala zikir dan tasyahud di dalam shalat. Juga kala memuji Allah dan mengucap tahlil (mengucap Laa ilaa ha illallah) di luar shalat.

Saat Ibtihal (mengadu dan mengeluh) julurkanlah ke dua tangan. Cara ini tertentu kala di dalam ada problem dan risau layaknya kala kemarau panjang atau datangnya musuh. Caranya : “Menengadahkan tangan ke arah langit hingga muncul ketiak.”

6. Menatap Langit Ketika Berdoa

Sebagaimana kita ketahui bahwa langit bukanlah kiblat untuk berdoa, kiblat ibadah bagi umat islam keseluruhan yaitu adalah ka’bah. Syaikh Bakr Abu Zaid berkata : “Menatap langit kala berdoa tersedia dua bagian”

Ijma’ Ulama berpendapat bahwa menatap langit kala sholat adalah hal yang dilarang. Rasulullah Shollallahu ‘alayhi wasallam bersabda: “Suatu kaum berhenti menatap langit kala sholat, atau (jika tidak), mata mereka tidak dikembalikan layaknya semula”, (HR. Muslim).

Berdoa di luar sholat bersama menatap langit menurut mayoritas Ulama memperbolehkannya. Dasarnya yaitu hadits Rasulullah Shollallahu ‘alayhi wasallam menatap ke langit sambil mengucap; Ar-Rafiq al-A’la (Allah yang Maha Luhur), kala sedang sakit yang berakhir terhadap wafatnya beliau.

7. Mengetahui Syarat Terkabulnya Doa

Diantara syarat-syarat dan tata langkah berdoa agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT adalah : Menyambut perintah Allah SWT Syarat-Terkabulnya-Doa Mematuhi perintah Allah dan menjauhkan larangan-Nya, sebagaimana firman Allah SWT.

“Dan kalau hamba-hamba-Ku menanyakan kepada-Mu (Muhammad) mengenai Aku, maka sebenarnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan yang berdoa kalau ia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu mencukupi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka mendapatkan kebenaran”, (Surat Al-Baqarah: 186).

Tidak berdoa jikalau kepada Allah SWT, dan tidak memohon pertolongan dan pertolongan jikalau kepada Dia semata. Hadirnya konsentrasi hati Ketika berdoa dan memanjatkan ampunan juga pertolongan kepada Allah, direkomendasi untuk selalu berkonsentrasi dan percaya di dalam hati bahwa doa’nya dapat dikabulkan.

8. Tidak tergesa-gesa di dalam berdoa

Ketika berdoa, tidak tergesa-gesa di dalam mengucapkan atau memohon kepada Allah. Semua dilakukan bersama penuh khusyuk dan khidmat. Selalu mengingat bahwa berdoa adalah ibadah Selalu menjadikan doa adalah beberapa dari ibadah yang setiap hari dilakukan.

Mengkonsumsi makanan, minuman dan baju yang baik (halal) Sebagai seorang muslim, diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan, minuman dan baju yang halal. Dengan mengkonsumsi yang halal maka secara tidak langsung dapat bersihkan jiwa di dalam diri Anda. Dengan jiwa yang bersih maka dapat lebih tenang kala memohon doa kepada Allah Swt.

Berdoa kala di dalam kebaikan/ketaatan kepada Allah SWT agar dikabulkan doa-doa kita Dalam jalankan doa, digunakan untuk kebaikan, maka Allah dapat lebih ringan mengabulkannya, sebab doa’nya untuk kebaikan. Berbaik sangka (husnuzh-zhan) kepada Allah SWT

Ketika telah mengerjakan doa untuk menghendaki dikabulkan hajatnya, kala belum terkabul tetep jalankan doa berikut berulang-ulang. Jangan pernah berburuk sangka kepada Allah Swt soal doanya yang belum terkabulkan. Selalu berbaik sangka kepada Allah Swt bahwa doanya nani dapat dikabulkan oleh-Nya.

Demikianlah tata langkah berdoa agar cepat terkabul, bersama percaya dan mengikuti tata langkah berdoa berikut insyaa Allah semua hajat-hajat kita sanggup terkabul. mustafalan.com

Semoga bersama mengerti tata langkah berdoa bersama baik, maka semua doa kita semua dikabulkan oleh Allah SWT sebab bersama terijabahnya doa maka Allah ridho bersama amal-amal kita.
Jasa Backlink PBN berabinetwork Murah-Solusi untuk kamu yang ingin masuk Halaman 1 Google, salah satu faktor penentu bagaimana sebuah situs masuk halaman 1 google adalah faktor Backlink. Disini kami sediakan Jasa Backlink untuk menaikan posisi ranking situs kamu bersama ongkos benar-benar murah.

0 Response to "Review Blog: Mustafalan.com, Doa Niat dan Cara Sholat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel