Mengatasi Error Kode Template di Edit HTML Baru

Mengatasi Error Kode Template di Edit HTML Baru - Pernahkan anda mengalami kesalahan saat melakukan editing pada kode template? Dan setiap kesalahan tersebut akan diberi peringatan oleh Blogger dengan memberitahukan secara langsung kode yang salah tersebut yaitu dengan mengeluarkan pernyataan seperti contoh berikut ini ;

Kesalahan saat mengurai XML, baris 1619, kolom 31: The element type "div" must be terminated by the matching end-tag "</div>"

Dengan adanya pemberitahuan tersebut, seharusnya kita akan lebih mudah mengetahuinya dan mengatasinya dengan baik. Namun kenyataannya tidak demikian, karena pemberitahuan yang muncul tersebut kadang sedikit membingungkan bahkan sangat membingungkan. Dan untuk itulah saya membuat artikel Mengatasi Error Kode Template di Edit Menu Baru ini agar permasalahan-permasalahan dalam melakukan editing kode template lebih mudah dilakukan.


Sebagai manusia, kita tidak pernah luput dari kesalahan dan kekeliruan begitu juga sebagai Blogger, karena Blogger juga manusia :) Dalam melakukan editing kode template, kadang kita dibuat kesal karena kode-kode yang menurut kita sudah benar terpasang namun masih saja gagal saat dijalankan, apalagi setelah Blogger memperbaharui tampilan menu Edit Html yang menurut saya lebih menguntungkan dan memudahkan dalam melakukan editing kode template karena menu Edit HTML tersebut lebih responsive dari pada sebelumnya.

Saat melakukan editing, karena sudah yakin benar dengan kode yang di edit tersebut kita tentu langsung melakukan penyimpanan terhadap kode template yang telah di edit tersebut. Namun kita tidak menyangka ternyata kode yang kita edit mengalami kesalahan karena adanya kode-kode yang belum terpasang secara utuh sehingga muncul pemberitahuan seperti contoh berikut ini

Kesalahan saat mengurai XML, baris 1619, kolom 31: The element type "div" must be terminated by the matching end-tag "</div>"

Jika ada pemberitahuan seperti ini maka langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalahMEMAHAMI maksud dari pemberitahuan tersebut.

Seperti yang saya contohkan, maksud dari pemberitahuan tersebut adalah Elemen dari DIV tidak memiliki kode penutup yatiu </div> yang ada pada baris ke 1619 dan kolom ke 31. Disinilahkemudahan dalam editing kode template itu terlihat karena sudah ada penomoran untuk setiap kode-kode yang ada di template blog anda. Sekarang kita lihat baris ke 1619 dan kolom ke 31, ternyata kolom dan baris tersebut dimiliki oleh penutup kode BODY dan HTML (pada template blog saya) yaitu </body></html>! Loh kenapa kolom dan baris kode </body></html> yang dituju? Padahal kode yang di edit atau yang ditambahkan sebelumnya tidak berada pada kolom dan baris tersebut. Karena kode yang di edit tersebut berada didalam kode <html><body> dan </body></html> sehingga Blogger langsung mengarahkan pada kolom dan baris tersebut. dan disinilah kita harus jeli dan teliti! Jika anda mengikuti apa yang terdapat pada pemberitahuan tersebut yaitu kurangnya kode penutup <div> dan menambahkan kode </div> sebelum kode </body></html> maka saya yakin tampilan blog anda akan amburadul!

So, langkah selanjutnya apa? Kita harus tetap mengikuti apa yang telah diberitahukan yaitu menambahkan kode </div> pada tempat dan letak yang sebenarnya buka pada baris dan kolom yang dituju. Dan disinilah satu lagi kemudahan dari menu Edit HTML baru ini yaitu dimana kita mengedit atau menambahkan kode dalam template, tempat dan letak kita mengedit kode template tersebut akan tetap tampil.

Contoh:


 <div id='header-wrapper'>
    <div id='header'>
     .....
     .....
       </div> <!-- penutup kode id header -->

  <div id='menu-horizontal'>
   <div class='menu'>
   <ul><li><a href='http://panduantemplateblog.blogxpot.com'>Home</a></li>
   <li><a href='http://panduantemplateblog.blogxpot.com'>Menu 1</a></li>
   <li><a href='http://panduantemplateblog.blogxpot.com'>Menu 2</a></li></ul>
    </div>   <!-- penutup kode id menu-horizontal -->
             <!-- penutup kode class id menu tidak ada -->

      </div>  <!-- penutup kode id header-wrapper -->

Jika kita sedang menambahkan kode seperti diatas, maka tampilan kode tersebut akan tetap tampil dan tidak akan berpindah pada awal atau akhir dari kode template meskipun ada pemberitahuan akan kesalahan dari kode yang kita edit.
Jadi, solusi terakhirnya adalah kita harus tetap berada pada kode-kode yang kita tambahkan dan menambahkan kode-kode yang kurang atau tidak ada seperti yang diberitahukan.

Bagaimana? Masih bingung dengan error kode template yang terjadi di tampilan menu Edit HTML baru? Atau tambah bingung dengan membaca artikel mengatasi error kode template di Edit HTML baru ini? :) Jika iya, silahkan tinggalkan komentar anda untuk artikel ini, mengatasi error kode template di Edit HTML baru

0 Response to "Mengatasi Error Kode Template di Edit HTML Baru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel